15.2.08

SEBERAPA AKURATKAH PREDIKSI ASTROLOGY SHIO ANDA ?

Oleh : Indonesian Fengshui Blog


Saat ini kita telah memasuki Tahun baru Imlek 2559 bersama, yang sebagian dari kita menyebut sebagai Tahun Tikus. Banyak diantara kita yang mencoba melihat peruntungan dan prediksi perjalanan hidupnya sesuai dengan kategori Shio-nya masing-masing.

Namun banyak juga yang bersikap skeptis, kecewa, karena pengalaman tahun-tahun kemarin antara ramalan/ prediksi jauh dari kenyataan yang dialaminya. Terlebih lagi dengan adanya banyak ramalan shio yang saling bertentangan. Suhu A menyatakan X, Suhu B menyatakan Y, Suhu C menyatakan Z ,


Mengapa hal ini bisa terjadi ?

1. Hasil ramalan Shio tidak persis sesuai kenyataannya?

2. Mengapa ada perbedaan pendapat antar pakar astrologi ?

3. Seberapa besar akurasinya?


Jawabnya adalah ;

Akibat salah dalam penentuan Shio seseorang. Banyak orang menganggap perhitungan tahun baru Imlek sama persis / tepat dengan perhitungan pergantian Shio. Padahal tidaklah tepat pendapat seperti itu.

Perlu diketahui bahwa Imlek adalah berdasarkan kalender Lunar (rotasi bulan terhadap bumi). Sedangkan pergantian Shio sesungguhnya berdasarkan Kalender Xia berdasarkan Solar (rotasi Bumi thd Matahari) yang lebih presisi untuk menentukan pergantian Shio / Ti Che (cabang bumi) , yang juga secara tepat menentukan pergantian 4 musim sebagai salah satu dasar pergantian Shio.

Karena dasar Astrology China adalah berdasarkan kalender Xia yang disusun sejak 4900 th yang lalu.

Maka jika ingin melihat pergantian Shio ( 12 Cabang Bumi/ Di Zi) adalah dengan melihat kalender Xia . Walaupun begitu pergeseran antara Thn Baru Imlek dan Tahun Xia tidak terlalu jauh

1. Pada Kalender Tahun Imlek pergantian berkisar antara akhir Januari dan awal Februari tiap tahunnya.

2. Pada Kalender Tahun Xia pergantian tahun berkisar antara tanggal 4-5 Februari

Yang juga dasar pokok perhitungan pergantian Shio

Karena kedekatan jarak pergantian Tahun tersebut , sehingga banyak orang mengira pergantian tahun baru imlek juga sebagai pergantian Shio.

Contoh Pergantian Imlek tahun 2559 ini tanggal 7 Februari, dianggap sebagai pergantian dari tahun Babi ke tahun Tikus . padahal sesungguhnya pergantian tahun Tikus sudah dimulai sejak tanggal 4 Februari 2008 j(sesuai kalender Xia sebagai dasar perhitungan Zodiak China). Maka menurut perhitungan Shio Sesungguhnya : orang yang lahir pada tgl 5 Februari 2008 sudah memasuki Shio Tikus.

Karena hal tersebut , maka tidak heran banyak orang yang salah menentukan Shio-nya, alhasil banyak pula yang meleset melihat hasil ramalan.
Distorsi peramalan secara umum karena ramalan hanya dilihat secara global, dan biasanya hanya dilihat siklus 12 tahunan saja tidak secara detail

Untuk mengetahui perhitungan detail astrology china adalah dengan menggunakan perhitungan Ba Zi (8 Huruf kelahiran) atau Zi Wi Do Zhu.

Yang mengamati dan menghitung perubahan waktu dan pengaruhnya terhadapa perubahan alam secara detail : dari Tahun - Bulan - Hari dan Jam Kelahiran.

Sedang ramalan yang banyak dipublish adalah ramalan secara global dari tahun kelahiran saja, sedang detail waktu lainnya spt bulan, hari dan jam kelahiran tidak diperhitungkan Padahal hal tersebut sangat menetukan terhadap : karakter, potensi, perjalanan hidup, yang dibawa seseorang.

Mengingat setiap pergantian waktu tentu mempunyai efek magnetis antara bumi dan benda-benda luar angksa (planet, bintang dsb) sehingga dapat mempengaruhi bumi dan isinya. Termasuk manusia.

Bahwa setiap pergeseran waktu hingga jam kelahiran, seseorang bisa mempunyai sifat yang berbeda. Atau Seseorang pada kelahiran jam-hari- bulan-tahun tertentu akan mempunyai kecenderungan sifat yang sama.

Perbedaan pendapat diantara para pakar astrology karena tergantung kemampuan analisa pergerakan waktu terhadap perubahan fenomena. Semakin hebat kemampuan analisa seorang pakar , semakin akurat hasil peramalannya.

Keakuratan Ramalan Shio adalah 25% dari total ramalan astrology china seperti Ba zi Dan Zi Wei Do Zhu . Karena masih ¼ dari total, karena masih ada ¾ berupa 3 dari 4 pilar pilar lain yang belum diperhitungkan spt: Pilar Bulan - Pilar Hari dan Pilar jam

Sedangkan total hasil analisa ramalan Ba Zi , hanya menyumbang 1/3 dari wilayah hidup kita yang benar-benar terjadi.

Karena amasih ada 1/3 penyumbang penentu perjalanan hidup kita seperti Faktor lingkungan , tempat kita berinteraksi seperti Rumah, tempat tinggal, daerah-daerah tempat kita berinteraksi secara langsung yang dikategorikan sebagi Feng Shui.

Dan 1/3 sisa penentunya adalah dari faktor manusia nya sendiri : Amal, ibadah, kerja keras, tingkah laku perbuatan, pendidikan dan selain sebagainya.

Jadi walau orang dengan waktu kelahiran hingga detik kelahiran yang sama pun belum tentu sama persis karakter, sifat, potensi, keberuntungan dan perjalanan hidupnya. Karena 2/3 faktor penentu disebut diatas.

Artikel terkait :

1. Menentukan Shio anda (Tabel detail Shio)

2. Tiga Mustika Feng shui

3. Mengenal Ba Zi