15.2.08

Prediksi Shio = Klenik ?? (Sekilas mengenai pergantian rotasi Tahun China)

Oleh : Indonesia Feng Shui Blog

Tanggal 7 Feb 2008 kemaren adalah pergantian tahun baru penanggalan imlek (chinese calender). yang mengacu pada rotasi bulan thd bumi. Selain kalender Imlek (Lunar) ada juga kalender Xia (solar) yang berdasarkan rotasi bumi thd matahari , dan lebih tua usianya sejak diketemukan 4000 thn yang lalu pada dinasti XIA (+2000 SM).
Bangsa China mempelajari perubahan waktu dan pengaruhnya thd alam semesta (makrokosmos dan mikrokosmos) termasuk manusia didalamnya. Dari pengamatan selama ribuan tahun dan ribuan bahkan jutaan orang maka disusunlah data statistik sehingga timbul suatu formula. Salah satunya mengenai pembagian waktu 1 tahun = 12 bulan , siklus 12 tahunan, siklus 60 tahunan.
Dasar pemikirannya adalah I Ching dan diaplikasikan melalui Yin Yang , Wuxing (5 elemen).
Mereka mengamati ada pola yg sama berulang pada siklus2 tertentu. Misalnya orang lahir pada tahun tertentu, mempunyai sifat , karakter spt ini. dan seterusnya.. Oleh sebab itu timbullah formula jika tahun x maka menunjukkan sifat, karakter : x . Karena pengaruh gravitasi planet2 dan sistem galaksi.
Orang China memberi kode siklus 12 tahunan dgn 12 shio, bahkan ada siklus 60 tahunan.

Bahkan pengamatan mereka sampai detail ke Bulan , Hari dan Jam.. mempunyai siklus perubahan sendiri2.. Ini dapat dianalisa melalui ilmu BA ZI (8 karakter/ huruf) .
Bahwa orang dengan kelahiran : THN-BLN-HARI-JAM yang sama , akan mempunyai kecenderungan sifat , karakter, potensi yang sama...
Tetapi masih ada faktor2 lain yang membuat tidak sama persisi , karakter ,perjalanan hidup maupun peruntungannya. Ini karena BA ZI hanya menyumbang 1/3 dari wilayah hidup kita. Sementara 1/3 lainnya adalah : faktor lingkungan tempat tinggal dan interaksi (yang biasa di kategorikan dalam feng shui), dan 1/3 sisanya adalah : Pendidikan, Kerja keras, Tingkah laku, Amal , Ibadah, masing2 individu..

Nah jika berpatokan pada prediksi Shio tahunan, tentu tidak tepat 100%, karena baru dilihat dari siklus tahunannya, belum siklus bulanan, harian, dan jam kelahiran seseorang...
Kemudian juga faktor2 perubahan lainnya ( 2/3 lainnya yg disebut diatas)
(Baca juga : Tiga mustika Feng shui).
Maka jangan heran ada orang yang tdk tepat prediksi shionya.
Yang Kedua kemampuan analisa master Ba Zi, semakin pakar, semakin akurat analisanya. Karena menuntut kemampuan, berhitung, filsafat dan hukum2 alam lainnya

Jadi bagi yang menganggap Prediksi Shio = Klenik, jangan skeptis dulu. Kita lihat dari sisi ilmiahnya. Karena konsep ini disusun dari dasar ilmu pengetahuan China, krn diakui maupun tidak China adalah bangsa dgn peradaban tinggi, yang telah memelopori penemuan2 bidang teknologi jauh sebelum bangsa barat menemukan. Contohnya : Kertas, Magnet dan Kompas , Mesiu, Pengobatan tradisional, bahkan Sempoa sebagai cikal bakal logika KOMPUTER..